Yayasan Asih Putera
Image

Back to School Idul Fitri (1)

Oleh: Ceuceu Gumilang

Melandainya pandemi Covid-19 dan penegasan Presiden Joko Widodo melonggarkan pemakaian masker di tempat terbuka, seolah menjadi gong maraknya kembali dunia sekolah.

Gerbang-gerbang sekolah kembali terbuka lebar, orang tua tak lagi ragu mengantar langkah anak-anaknya pergi ke sekolah untuk menuntut ilmu, bertemu dengan teman-teman dan guru. Semangat dan kegembiraan terpancar jelas di wajah-wajah belia para siswa, saat para guru tercinta menyambut dan menyapa di pintu utama.

Setiap kejadian selalu ada dampak, apalagi sebuah pandemi. Selama dua tahun anak-anak terkungkung kekurangan gerak, tubuh-tubuh bongsor bahkan obesitas banyak ditemui. Alasan hanya di rumah saja, kurang gerak, lebih banyak makan dan bermain game online sungguh membuat miris.

Sekolah harus berusaha keras, mengembalikan mood belajar siswa yang turun drastis, tidak antusias bahkan terlihat ogah-ogahan. Sebagian sepertinya sudah sangat kecanduan bermain gadget, susah melepaskan benda pipih itu dari tangan dan pikirannya. Ini adalah sebuah tantangan, bagaimana para guru harus bahu-membahu membuat strategi, agar siswa kembali rindu dan gembira bersekolah.

 

Back To School, adalah salah satu program welcoming yang dilaksanakan di seluruh madrasah Asih Putera, dari mulai TK, MI, MTs hingga MA. Bagaimana anak-anak diacarakan, diberikan sambutan meriah untuk kembali ke sekolah, setelah libur yang sangat panjang. Begitu juga setelah libur Ramadhan dan Idul Fitri.

Berbagai kegiatan dalam acara Back To School Idul Fitri ini digelar, seperti yang dilakukan di TK Asih Putera 1, TK Asih Putera 2 dan MI Asih Putera pada tanggal 22 Mei 2022.

Suasana ruang kelas TK mendadak semarak dengan dekorasi ketupat dan pita-pita juga bintang-bintang yang dibuat anak-anak dari kardus. Ada juga spot foto (photo booth) yang cantik dengan hiasan balon yang berwarna-warni.

 

Setelah saling bermaafan dengan guru dan teman-teman, anak-anak riang gembira bermain games, berpose lucu di photo booth dan diakhiri dengan makan bekal masing-masing.

Sementara itu suasana yang agak berbeda terjadi di MI Asih Putera. Kali ini kegiatan BTS dilakukan secara online melalui zoom. Karena kelas VI sedang melaksanakan ujian sekolah, jadi siswa kelas 1 – 5 belajar di rumah secara daring.

Namun semua itu tidak mengurangi kemeriahan acara. BTS MI diisi dengan training motivasi Idul Fitri dari Ustadz Zen Alby, S.Ag. , agar semangat ibadah anak-anak tidak kendor pasca Idul Fitri. Ada juga agenda nonton bareng video kegiatan Ramadhan Ceria siswa secara online.

 

Memang tidak mudah, menebus waktu yang terlalaikan selama kurang lebih dua tahun masa pandemi. Adalah konsern Madrasah Asih Putera, untuk tetap mendidik anak-anak agar berakhlak mulia, cageur bageur, bener,  pinter, singer tur  parigel. Mendidik dengan sepenuh hati....*