Yayasan Asih Putera
Image

Cooking Class di Belah Doeren

Oleh: Henny Sulistiorini (Guru TK Asih Putera)

Bersyukur, akhirnya bisa sekolah normal lagi. Bertemu kembali dengan teman-teman dan guru tercinta, seolah memberi semangat luar biasa pada anak-anak TK Asih Putera. Lihatlah, kaki yang selalu bergerak lincah tak pernah diam tanpa makna, tangan yang selalu kreatif mencipta sesuatu, sungguh menjadikan bersekolah sangat menyenangkan bagi mereka.

Salah satu kegiatan paling ditunggu anak-anak untuk menyalurkan rasa ingin tahu dan kreatifitasnya adalah Adventure Days. Program outing TK Asih Putera ini begitu menyenangkan. Setelah sebelumnya melakukan out bound ke Kawasan Konservasi Alam Kampung Buyut Cipageran (KABUCI), kali ini anak-anak diajak melakukan sebuah pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

 

Pada tanggal 6 dan 7 September 2022, secara bergilir TK Asih Putera 1 dan TK Asih Putera 2 mengadakan kunjungan ke PT. Belah Doeren Indonesia, pionir Dessert & Patisserie yang menyajikan berbagai macam olahan durian dengan kualitas terbaik, yang berada di Kota Cimahi.

Anak-anak begitu antusias, saat diajak memasuki kawasan dapur PT. BDI yang sangat beraroma durian. Ekspresi mereka ketika menjejakkan kakinya di sana terlihat lucu-lucu, ada yang tersenyum sambil menghirup dalam-dalam aroma durian, ada yang awalnya berekspresi aneh namun kemudian suka, ada pula yang berwajah cemberut karena tidak suka mencium aromanya.

Kegiatan Adventure Days selalu disesuaikan dengan tema yang sedang dipelajari anak-anak dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Saat kunjungan ke Belah Doeren ini, anak-anak mendapatkan pengalaman langsung dengan melihat proses produksi bahkan melakukan praktek membuat Durian Chewy Soes,  menu andalan Belah Doeren.

 

Di sini anak-anak mendapat wawasan pengetahuan tentang manfaat buah durian dan olahan apa saja yang dapat dibuat darinya. Anak-anak juga ‘ditantang’ untuk mampu mengolah makanan dari bahan dasar durian. Sungguh, sebuah cooking class yang sangat menyenangkan dan atraktif.

Anak anak terlihat sangat senang dan antusias, selama mengikuti kegiatan cooking class ini. Banyak kemampuan yang dapat dioptimalkan dalam cooking class ini, antara lain adalah:

Pertama, anak-anak belajar mensyukuri nikmat yang Allah berikan, melihat bentuk buah durian yang tajam mengerikan, namun di dalamnya ada daging buah yang enak, wangi dan manis

Kedua, dengan kegiatan cooking class ini anak belajar melatih logika dan memecahkan masalah, mereka belajar menghitung,  menambah jumlah telur atau susu agar adonan itu tidak encer juga  tidak terlalu padat. Kemudian mereka harus membagi adonan ke dalam bulatan-bulatan kecil berbentuk kue, sehingga praktis konsep matematika dan sainsnya juga diperoleh.

Ketiga, cooking class juga dapat melatih sensori motorik anak, dengan meraba adonan yang lembut kemudian jari dan telapak tangan membuat bulatan-bulatan kue. Anak-anak juga belajar memahami  instruksi, bagaimana sang instruktur memberikan petunjuk tahapan-tahapan membuat kue tersebut.

 

Keempat, kognitif anak-anak juga pastinya bertambah, dengan diperkenalkannya nama bahan-bahan yang dipakai, alat-alat yang digunakan serta  terlibat langsung dalam proses produksi.

Kelima, kegiatan cooking class juga melatih tanggung jawab dan rasa percaya diri anak, mereka harus memakai avron, memakai penutup kepala serta sarung tangan dan sarung sepatu agar tetap bersih dan higienis saat berada di dekat makanan. Setelahnya, anak-anak juga  dilatih bertanggung jawab untuk merapikan kembali  alat-alat  yang sudah dipakainya.

Secara umum, ada 3 elemen yang harus dikembangkan dalam kurikulum merdeka, yaitu elemen nilai agama dan budi pekerti, elemen jati diri serta elemen dasar-dasar literasi.  Dengan demikian, pembelajaran STEAM dapat dioptimalkan. STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) adalah pendekatan pembelajaran interdisipliner yang inovatif, dimana IPA, teknologi, teknik, seni dan matematika diintegrasikan dalam satu kegiatan.

 

Anak-anak  seakan pesta bonus! Selain bonus belajar mengoptimalkan kemampuan dan tugas perkembangannya, mereka juga dapat menikmati langsung makanan hasil cooking class-nya, ditambah bonus ice cream yang sangat lezat yang tentunya juga terbuat dari durian. Mereka masih juga mendapat ekstra bonus berupa goody bag berisi produk makanan khas Belah Doeren, yang menyempurnakan seluruh rangkaian kegiatan adventure days kali ini.

Oh ya mengapa anak-anak  mudah memasuki perusahaan PT. Belah Doeren Indonesia ini?

Tentunya,  karena pemilik Belah Doeren adalah salah satu orang tua murid di TK dan MI Asih Putera.  Enam orang putera-putera pemilik Belah Doeren ini, semuanya bersekolah di madrasah Asih Putera. Masyaallah Tabarakallah.*