Yayasan Asih Putera
Image

Guru Seru Pembaharu

Oleh: Dadan Permana, S.Pd.

(Kepala MA Multiteknik Asih Putera – Guru Seni Budaya dan Daya Cipta)

 

 

Cerita masa kita sekolah takkan pernah ada habisnya. Pengalaman seru belajar bersama teman, mengikuti kegiatan ekskul, pentas seni, dan pengalaman belajar bersama guru “galak” atau guru seru yang selalu membuat suasana di kelas hidup dan menarik menjadi cerita yang takkan pernah terlupakan sampai sekarang.  Ada kalanya, siapa pun pasti pernah merasakan kebosanan ketika sedang belajar di kelas, akan tetapi kita pun pasti mengalami masa di mana kita merasa senang di kelas, merasa waktu pembelajaran berlalu tanpa terasa karena asyik hanyut dalam kegiatan pembelajaran di kelas bersama guru-guru favorit kita. Apa lagi, gurunya masih muda, seru, asyik, energik, gaul dan berpenampilan menarik semakin membuat kita betah di kelas.


Saya masih ingat ketika SD bagaimana seorang Bu Euis yang sangat baik hati, penyabar, di kelas belum pernah marah sekalipun, dan sampai hari ini masih menginspirasi saya bagaimana seharusnya menjadi seorang guru. Pak Yosef, guru ketika saya SMP, guru matematika yang super tegas, super disiplin bisa dikatakan “galak”, selalu teringat ketika upacara, jika murid lupa memakai topi, maka cubitan maut pasti akan mendarat di perut kita.  Di kelas, ketika pembelajarannya sudah pasti suasana akan sangat mencekam.


Semua orang pasti pernah memiliki pengalaman-pengalaman menarik maupun buruk seperti itu ketika di sekolah. Akan tetapi, apa sebenarnya yang siswa harapkan dari seorang guru ketika di kelas? Bagaimana seorang guru dapat menghidupkan suasana kelas sehingga semua siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran di kelas dengan baik?


Nah, berdasarkan sebuah survey kecil-kecilan yang dilakukan di Madrasah Aliyah Multiteknik Asih Putera, guru seru, guru asyik dan menyenangkan ketika di kelas ataupun di luar kelas terdiri dari 4 hal. Apa itu? Mari kita uraikan satu persatu. Pasti ada kesamaan ceritanya.

 

 1.      Guru seru itu punya selera humor

Selera humor sangat penting dimiliki oleh seorang guru, tetapi tidak perlu juga kita harus seperti pelawak atau seorang stand up komedian. Seorang guru diharapkan pandai membuat murid tertawa bersama. Seorang guru dapat bersama-sama dengan muridnya menanggapi seorang murid ketika membuat lelucon di kelas, bercanda bersama murid, tanpa kehilangan kendali dalam menguasai kelas. Membawa suasana yang riang gembira di dalam atau di luar kelas sangat diperlukan sehingga sesulit apapun pelajaran ketika dibawakan dengan seru dan menyenangkan, maka ketegangan di kelas berkurang, murid pun akan menerima pelajaran dengan baik.

 

2.      Guru seru itu melek teknologi

Murid zaman sekarang berbeda dengan zaman dulu. Kemampuan murid dalam memahami teknologi baru bisa jadi lebih hebat dari pada gurunya. Namun, sebetulnya tidak harus mulu- muluk sih, apa yang murid harapkan di kelas adalah bagaimana guru mampu menampilkan sesuatu yang menarik melalui media teknologi yang sederhana, misalkan menampilkan video pembelajaran yang menarik, tampilan materi pelajaran melalui Power Point, atau ujian yang dikemas menjadi sebuah quiz melalui aplikasi teknologi, itu sudah cukup membuat suasana seru di dalam kelas

 

3.      Guru seru itu pandai bercerita

Ada kalanya, murid perlu dibawa pada suasana yang lain dalam kelas, bercerita misalnya. Bercerita merupakan sesuatu yang sangat murid sukai dari guru ketika di dalam kelas. Cerita apapun bisa menjadi menarik bagi mereka. Bisa pengalaman pribadi guru, pengalaman orang lain, pengalaman lucu murid, atau cerita apapun itu,  bahkan cerita horor sekalipun sangat disukai murid-murid.  Ketika sudah mendengarkan cerita, para murid akan fokus di kelas. Nah, ketika sudah fokus, akan mudah bagi para guru untuk memulai pembelajaran dengan baik. Namun, yang paling penting adalah bagaimana cerita yang disampaikan diakhiri dengan penyampaian hikmah-hikmah yang mampu memotivasi para murid. Jadi, tidak hanya hiburan, tetapi sekaligus guru menanamkan nilai-nilai pada murid secara tidak langsung.

 

4.      Guru seru itu dapat mengeksplorasi potensi

Seorang murid pasti akan sangat mengingat sosok gurunya yang sangat menghargai dan mengapresisasi setiap potensi yang dimiliki setiap muridnya. Di sebuah sekolah, pastinya murid memiliki banyak potensi yang beragam dan guru yang seru menurut survey adalah guru yang tidak hanya menghargai potensi akademik siswanya, tetapi juga menghargai dan mengapresiasi para murid yang memiliki potensi di luar potensi akademik, misalnya potensi di bidang seni, olah raga, dan lain sebagainya.

 

      Itulah secara umum gambaran dari hasil survey yang dilakukan kepada murid-murid MA Multiteknik Asih Putera tentang guru seru pembaharu, guru asyik, dan meyenangkan, yang dapat membuat suasana kegiatan pembelajaran menyenangkan. Namun, harus kita ingat bahwa setiap guru di manapun memiliki jurus dan senjatanya“ masing-masing dalam mengajar dan mendidik siswanya di dalam kelas.  Setiap guru memiliki karakter masing-masing dimana setiap karakter guru ini akhirnya menjadi sebuah kesatuan yang harmonis dalam keberlangsungan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Pada akhirnya, semua guru tentu memiliki tujuan yang sama ingin membuat muridnya menjadi murid yang memiliki perilaku, kepribadian, serta karakter yang baik sehingga dengan itu menjadikan dirinya sukses, di dunia dan di akhirat.

 

Salam Guru Pembaharu...