Yayasan Asih Putera
Image

Juara 1 Lomba Penulisan Essay Eco School MA Multiteknik Asih Putera

Program ECO SCHOOL di Sekolah sebagai Langkah Efisien dalam Menerapkan Mindset Hidup Ramah Lingkungan

Oleh : Ismail Saeful Hidayat

 

       I.            Latar Belakang

 

Sampah adalah suatu permasalahan yang cukup serius. Banyak sekali berbagai musibah yang berawal dari pencemaran lingkungan, mulai dari pencemaran polusi di udara, habitat hewan air yang terancam hidupnya karena pencemaran sampah plastik di laut, bahkan bencana banjir akibat sampah yang begitu menumpuk. Keterangan dari National Plastic Action Partnership (NPAP) menjelaskan bahwa jumlah atau volume sampah plastik di tahun 2020 mencapai angka sekitar 6,8 juta ton dan memiliki peningkatan 5% per tahun.

 

Kondisi seperti ini sangat memprihatinkan karena mampu mengancam keberlangsungan hidup tidak hanya hewan dan tumbuhan tapi juga manusia itu sendiri. Mengambil langkah serius dan berkelanjutan sangat penting dalam menghadapi persoalan ini. Penerapan gaya hidup yang ramah lingkungan mampu menjadi solusi, salah satu upayanya adalah dengan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kelestarian lingkungan sedari dini. Mulai dari lingkungan keluarga serta pembiasaan diri di lingkungan sekolah, salah satunya misal dengan penerapan eco school.

 

    II.            Gagasan atau pendapat

a.      Apa itu program ECO School

Eco School adalah sebuah sistem yang dikembangkan di sekolah melalui partisipasi guru, siswa, dan seluruh komponen atau golongan yang ada di sekolah mengenai pendidikan dan kebiasaan hidup yang ramah lingkungan. Eco School ini juga merupakan sebuah gerakan internasional dalam mengatasi permasalahan lingkungan melalui dunia pendidikan yang sudah melibatkan  kurang lebih 9,5 juta anak dalam 57 negara selama 25 tahun terakhir.

 

b.      Seberapa relevan eco school dalam mengatasi permasalahan lingkungan ?

Eco school mampu menjadi salah satu solusi yang menarik dan efisien dalam menangani permasalahan lingkungan. Karena melalui pembiasaan serta pengenalan terhadap menjaga kebersihan lingkungan sejak dini adalah langkah yang sangat efektif. Hal ini mampu mempengaruhi pola pikir anak sedini mungkin sehingga nantinya akan menjadi sebuah kebiasaan positif yang tertanam subur dan berkelanjutan.

 

c.       Ciri khas atau sifat dari eco school ini seperti apa ?

Eco school menjadi sebuah langkah yang efektif dalam meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan ada beberapa ciri atau sifat khusus dalam penerapan eco school itu sendiri antara lain;

 

1.      Interaksi yang bersifat interaktif

Dalam penerapan eco school hal yang paling dasar adalah sosialisasi terhadap khalayak tentang program eco school itu sendiri. Sosialisasi biasa dilakukan secara serentak atau dilakukan di masing-masing kelas oleh wali kelas dan mengedepankan interaksi yang bersifat interaktif yakni mendorong siswa untuk berpendapat mengenai permasalahan lingkungan serta saling berbagi gagasan dalam memberikan solusi untuk menanggulangi masalah tersebut. Hal ini mampu menumpuhkan pola pikir yang kritis bagi siswa terhadap permasalahan lingkungan.

 

2.      Perluasan wawasan tentang lingkungan

Melalui metode pembelajaran mengenai lingkungan hidup secara efektif ini mampu memberikan pemahaman lebih jauh terhadap siswa dalam menangani permasalahan lingkungan yang menjadi bekal dalam menjaga kebersihan lingkungan.

 

3.      Praktek langsung

Dalam menjalankan program eco school melalui praktek secara langsung mampu memberikan pengaruh yang lebih efektif. Melalui praktek ini siswa mampu belajar mengaplikasikan teori-teori yang dipelajari. Sehingga mampu menjadi sebuah kebiasaan yang berkelanjutan dalam menjaga kebersihan lingkungan.

 

4.      Kerjasama atau kolaborasi

Tidak hanya dalam lingkungan internal sekolah saja namun kita mampu memberikan inspirasi serta menjadi percontohan terhadap sekolah lain dalam mengobarkan semangat cinta lingkungan. Dan kedepannya kita bisa bekerja sama dengan sekolah lain atau instansi yang fokus terhadap kepedulian lingkungan dalam melakukan sebuah kegiatan khusus sebagai bentuk kepeduliaan kita terhadap lingkungan seperti pemilahan sampah besar-besaran, penanaman seribu pohon bersama, atau sebuah kegiatan lain yang memiliki esensi kepedulian lingkungan itu sendiri.

 

d.      Perkembangan Eco School di Indonesia

Eco school cukup berkembang di Indonesia terutama di beberapa sekolah yang berada di kota-kota besar melalui program kreatif diantaranya;

1.      Surabaya Eco School merupakan sebuah kegiatan kerjasama antara dinas pendidikan dan pemerintah kota Surabaya dalam meningkatkan semangat kepedulian lingkungan di kota tersebut.

2.      Green School Club merupakan sebuah ekstrakulikuler sekolah yang bertujuan mewadahi para siswa dalam mengembangkan minat terhadap kepedulian lingkungan. Salah satu sekolah yang mengusung ekstrakulikuler ini adalah SMPN 1 Magelang, Jawa Tengah.

3.      Go Green School merupakan sebuah program edukasi lingkungan hidud berbasis lingkungan yang melibatkan seluruh warga sekolah. Salah satu sekolah popular yang telah menerapkan program ini adalah SMA Negeri 1 Sidayu, Gresik, Jawa Timur.

Melalui berbagai metode dan tahapan kreatif dalam menerapkan serta membudayakan program eco school mampu memberikan pengaruh lebih baik terhadap kepedulian serta mindset hidup yang ramah lingkungan.

 

 III.            Referensi

 

https://www.google.com/amp/s/m.bisnis.com/amp/read/20210222/79/1359487/hari-peduli-sampah-nasional-2021-volume-tumbuh-5-persen-tiap-tahun

 

https://tunashijau.id/category/surabaya-eco-school/

 

https://www.google.com/amp/s/siedoo.com/berita-27428-green-school-club-menjaga-sekolah-tetap-hijau/

 

https://www.smansigres.sch.id/berita/detail/go-green-school