Yayasan Asih Putera
Image

Kirab Muharram Asih Putera 1444 H

Oleh: Ceuceu Gumilang

Keluarga adalah harta paling berharga yang dimiliki kita semua. Menjaga keutuhan dan keharmonisan keluarga menjadi kewajiban setiap orang yang berada di dalam keluarga tersebut. Ini bukan tentang siapa yang paling bertanggung jawab, tetapi lebih kepada bagaimana menanamkan sebuah sugesti kepada seluruh anggota keluarga, bahwa keluarga adalah harta yang paling berharga, sehingga semua harus turut menjaga dan memelihara keharmonisannya.

Keharmonisan sebuah keluarga, akan sangat berpengaruh terhadap lingkungan sekitarnya. Karena keluarga yang harmonis, akan menghasilkan pola pikir dan perilaku  positif, yang selalu berorientasi memberi manfaat pada lingkungannya.

Memasuki tahun baru Islam 1444 Hijriyah, sekaligus menyambut dunia baru pasca pandemi, Yayasan Asih Putera ingin mengajak semua komunitas masyarakat khususnya di lingkungan keluarga besar Asih Putera, untuk kembali menciptakan keharmonisan keluarga dengan mengadakan  event besar tahunan KIRAB MUHARRAM ASIH PUTERA, melalui kegiatan family gathering akbar bertajuk: JALAN SEHAT BERSAMA 1.000 KELUARGA, UNTUK BUMI YANG LEBIH BAIK. 

Momentum pergantian tahun baru Hijriyah ini, kita hadapi dengan semangat dan harapan baru untuk melakukan perubahan yang lebih baik dalam segala aspek kehidupan kita, terutama mengembalikan keharmonisan keluarga kita agar tercipta pula lingkungan yang kondusif dan nyaman.

Kirab Muharram Asih Putera 1444 H akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 Juli  2022 dan bertempat di Lapang Rajawali – Jl Gatot Subroto Cimahi. Agenda utamanya adalah jalan sehat keluarga, senam silat jantung sehat, eco brick family, pentas seni, launching PPDB dan door prize. Seperti kirab sebelumnya yang sudah 11 kali dilaksanakan, ada grand prize tiket Umroh untuk peserta kirab. Acara akan dimulai pukul 06.30 – 10.00, dengan rute mengitari kawasan hijau dan asri berjarak relatif singkat.

Peserta kirab adalah siswa TK, MI, MTs dan MA Multiteknik Asih Putera, Keluarga Dewan Pendiri Yayasan Asih Putera, keluarga guru dan staf Asih Putera,  orang tua dan keluarga siswa madrasah Asih Putera, keluarga alumni Asih Putera, sekolah-sekolah mitra,  tamu undangan khusus serta umum. Perkiraan peserta adalah 3500 orang.

Ada yang berbeda dengan pelaksanaan kirab kali ini, tidak bersifat perorangan tetapi dalam kelompok keluarga. Keluarga yang menjadi peserta berjumlah antara 3 – 5 orang. Syarat kepesertaan adalah setiap keluarga diwajibkan membuat 2 botol eco brick ukuran 600 ml dengan berat minimal 200 gram, yang akan ditukar dengan nomor peserta sekaligus sebagai nomor undian.

Kirab kali ini berorientasi pada bagaimana kita mampu berperan maksimal untuk  menjadikan bumi yang lebih baik. Eco brick adalah salah satu upayanya, untuk menjadikan sampah bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Karenanya, keunikan lain lagi dalam kirab kali ini adalag, setiap  peserta harus membuat sendiri tanda peserta/name tag yang berbahan kardus bekas, dikreasi sesuai dengan tema dan dilombakan per madrasah .

Semoga,  di tahun baru Islam 1444 H ini, semuanya akan menjadi lebih baik. Keluarga menjadi semakin  harmonis, bumipun akan semakin baik dan mampu memberikan manfaat  timbal balik untuk kehidupan yang lebih baik. Semangat hijrah adalah semangat untuk terus berupaya menjadi lebih baik! *