Yayasan Asih Putera
Image

Lingkungan dan Laboratorium Alam Asih Putera

Oleh: Tsurayya Nafisah, S.Pt.

LiLA adalah sebuah unit di Yayasan Asih Putera yang berfokus kepada lingkungan dan penelitian. LiLa merupakan kepanjangan dari Lingkungan dan Laboratorium Alam.  Sebenarnya LiLA sendiri sudah ada sejak lama namun dulu dikenal dengan sebutan “KIAL” (Kajian Ilmu Alam dan Lingkungan). LiLA memiliki visi yaitu “Terwujudnya masyarakat peduli lingkungan hidup yang rahmatan lil ‘alam”, serta memiliki beberapa misi diantaranya :

1.       Mewujudkan madrasah berbasis eco school

2.       Melakukan penelitian dan pengembangan eco farming di tingkat kampus Asih Putera.

3.       Meningkatkan kesadaran, kepedulian, dan peran serta masyarakat Asih Putera terhadap lingkungan

4.       Mengedukasi dan menyiapkan masyarakat menuju kemandirian pangan.

Tujuan dibentuknya unit LiLA adalah sebagai wadah pengembangan dan penelitian terutama di bidang lingkungan untuk semua civitas academica di lingkungan YAP. Dalam unit LiLA, terbagi menjadi beberapa bidang. Diantaranya ada hidroponik, pertanian organik, kompos, peternakan unggas, perikanan, penelitian pengembangan, bank sampah, dan pengolahan sampah an organik (eco-brick).

 

Hidroponic Farm: rutin menanam tanaman selada dan pokcoy dengan program seminggu menanam 100 bibit. Hasil tanam kemudian dijual kepada mitra. Selain selada dan pokcoy, hidroponik juga menanam kangkung dan  tomat. Sayur dan buah yang dihasilkan Hidroponik Farm dapat dinikmati oleh seluruh civitas YAP. Selain sebagai tempat penelitian di bidang Hidroponik dengan adanya Hidroponic Farm, juga membuat siswa lebih tertarik untuk mengonsumsi sayur. Hidroponic Farm juga merupakan tempat orang tua, siswa dan guru belajar tentang berkebun sayur secara hidroponik, salah satu pelatihan yang telah dilakukan adalah dengan memberikan 100 paket hidroponik gratis beserta pelatihan selama 6 bulan kepada para peserta yaitu orang tua siswa dan guru. Hal ini untuk mewujudkan kemandirian pangan pada masyarakat Asih Putera.

Organic Farming : Pertanian organic memanfaat lahan tanah belakang di kawasan MTs dan MA yang dahulu terbengkalai menjadi kebun sayur dan tempat melakukan penelitian di bidang pertanian dan perkebunan. Pada lahan tersebut sudah banyak menanam tanaman palawija diantaranya : tomat, selada, pokcoy, leunca, pare, timun suri, jagung, kacang panjang, kacang tanah, serta mentimun. Hasil panen tanaman organik diolah dan dikonsumsi oleh masyarakat Asih Putera.

 

Peternakan Unggas : peternakan unggas khususnya ternak ayam kampung dan ayam broiler. Hasil ternak tersebut kemudian diberikan kepada pihak katering untuk diolah. Pengiriman ayam broiler kepada katering dilakukan sebulan sekali disesuaikan dengan masa pemeliharaan ayam broiler. Peternakan ayam ini juga mengajak siswa-siswi di madrasah Asih Putera untuk lebih dekat mengenal tentang peternakan ayam, sehingga menarik minat generasi muda untuk menjadi peternak muda.

Perikanan: pada bagian perikanan ini merupakan bidang baru. Dulu kami mulai dengan budidaya ikan lele. Kemudian kami beralih kepada budidaya ikan nila. Selain budidaya ikan konsumsi kami juga melakukan pengembangan dan penelitian di bidang budidaya ikan hias yang dewasa ini sedang marak di lingkungan masyarakat. Pelaksanaannya dapat dilakukan oleh siswa maupun guru yang hobi memelihara ikan hias

Kompos: pembuatan kompos rutin dilakukan dengan menggunakan sampah-sampah daun dikawasan MTs dan MA Asih putera yang kemudian kita pergunakan kembali untuk memupuk pertanian organic selain itu staff dan karyawan Asih Putera pun dapat memanfaatkan hasil kompos tersebut. Sejauh ini kami masih terus melakukan penelitian untuk dapat menghasilkan kompos yang bagus dan bermanfaat untuk semua.

Eco Brick Day : Menetapkan setiap hari Kamis sore para civitas di lingkungan MTs dan MA membuat eco-brick bersama dengan bahan dari sisa sampah plastic yang sudah di kumpulkan seminggu sebelumnya. Eco brick ini bertujuan untuk mengelola pembuangan sampah an-organik di lingkungan Asih Putera. Karena walaupun Asih Putera sudah mencanangkan less plastic livestyle, namun masih ada beberapa sampah plastik yang dihasilkan dan harus ditangani agar tidak terbuang begitu saja ke lingkungan.

Penelitian Pengembangan: LiLA sebagai sebuah unit yang bergerak di bidang penelitian dan pengembangan berusaha memfasilitasi civitas YAP yang ingin melakukan penelitian atau pun belajar di bidang pertanian, perternakan, perikanan dan lingkungan hidup. Penelitian ini dapat dilakukan oleh guru, siswa ataupun orang tua. Kawasan Ecoparck Asih Putera pun kerap dikunjungi oleh siswa siswi yang ingin belajar maupun melakukan kunjungan ke ecoparck Asih Putera.

Bank Sampah (BasPut): Bank sampah Asih Putera atau bisa di sebut dengan BasPut merupakan tempat dimana civitas YAP dapat menabungkan sampah an-organik seperti botol bekas, gelas plastik, maupun kertas. Civitas YAP yang akan menabungkan sampah an-Organik bisa dimulai dengan mendaftarkan diri untuk menjadi nasabah BasPut.  Kegiatan ini secara rutin dilakukan oleh siswa dan siswi dari Asrama Asih Putera. Kegiatan bank sampah ini sudah mulai berjalan di setiap madrasah mulai dari TK, MI, MTs dan MA. Penimbangan sampah dilakukan setiap hari Senin di masing-masing madrasah.

Ini belum sempurna, semua masih dalam proses belajar. Tetapi kami yakin, dengan semangat dan niat untuk menjaga kelestarian lingkungan, maka program LiLA akan dapat berkembang lebih baik.