Yayasan Asih Putera
Image

Nonton Bareng Film Kadet 1947

Oleh: Ceuceu Gumilang

Jasmerah! Jangan sekali-kali melupakan sejarah! Adalah sebuah pesan moral yang sangat terkenal dan sangat penting untuk dimaknai oleh kita semua, seluruh rakyat Indonesia. Pesan yang disampaikan oleh presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno ini benar-benar harus menjadi landasan bagi kita untuk bisa mengingat dan menghargai jasa para pahlawan yang telah menjadi jalan lahirnya negara kita.

 Meningkatnya peradaban dalam kehidupan global, yang memungkinkan terjadinya lintas budaya dengan segala pengaruhnya, baik atau buruk, harus menjadi bahan pemikiran kita. Ketika kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang, kita tak mampu lagi membendung serangan budaya dan pemikiran yang datang dari luar. Semua itu bisa mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup bangsa kita, terutama anak-anak dan remaja.

 Banyak upaya yang bisa dilakukan, agar kita terutama generasi muda tidak melupakan sejarah. Salah satunya adalah dengan membuat sebuah film dokumenter ataupun film-film berlatar belakang sejarah lokal maupun nasional.

 Salah satu yang sudah dilakukan oleh para pekerja seni di bidang perfilman Indonesia, adalah dengan membuat sebuah film tentang kisah heroik tujuh orang pemuda yang sedang menjalani pendidikan penerbang di Maguwo pada masa Agresi Militer Belanda 1 tahun 1947.

 Film yang berjudul “Kadet 1947” ini merupakan karya dari Rahabi Mandra dan Winaldo Artaraya Swastia. Dan baru tayang perdana pada 25 November 2021 lalu.

 Film ini terinspirasi dari peristiwa misi serangan udara pertama Angkatan Udara Republik Indonesia yang dilakukan oleh para kadet (calon penerbang Angkatan Udara) di markas pertahanan Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa pada 29 Juli 1947.

 Keluarga Besar Yayasan Asih Putera, yang terdiri dari keluarga Dewan Pendiri, staf manajemen, guru-guru, hingga murid-murid MTs dan MA Muliteknik Asih Putera, mengadakan nonton bareng di salah satu bioskop terkenal di Kota Bandung pada tayangan perdana.

 Film yang sangat menginspirasi dan membangkitkan semangat sekaligus mengharukan ini, sangat layak ditonton oleh keluarga, pelajar dan mahasiswa. Generasi muda kita harus tahu fakta-fakta sejarah di balik kemerdekaan Indonesia, ada perjuangan yang sangat melelahkan dan menguras emosi, namun tak menyurutkan semangat juang mereka untuk menjaga eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 Semangat itu yang harus ditiru oleh generasi muda saat ini, membangkitkan semangat juang untuk mengisi kemerdekaan Indonesia. Merdeka!***