Yayasan Asih Putera
Image

Tahun Baru 1444 H, Untuk Bumi yang Lebih Baik

Oleh: Ceuceu Gumilang

Akhirnya, setelah dua tahun tertunda untuk melaksanakan agenda tahunan menyambut tahun baru Islam, Sabtu 30 Juli 2022 Yayasan Asih Putera kembali menggetarkan Kota Cimahi, melalui acara Kirab Muharram Asih Putera 1444 H yang bertema “Jalan Sehat 1000 Keluarga: Untuk Bumi Yang lebih Baik”.

Diikuti oleh sekitar 4.000 peserta yang terdiri dari masyarakat Asih Putera, sekolah-sekolah mitra, komunitas olahraga serta masyarakat umum, kegiatan kirab ini dipusatkan di Lapang Rajawali Cimahi, atas kerjasama dengan KODIM 0609.

 

Kegiatan Kirab Muharram ini diawali dengan Senam Silat Jantung Sehat yang diperagakan oleh ratusan anggota Klub Jantung Sehat Kota Cimahi dan diikuti oleh seluruh peserta kirab. Setelah itu dilanjutkan dengan jalan sehat, melewati rute jalanan sepi dan perumahan penduduk, sambil melantunkan sholawat dengan tujuan menularkan euforia semangat hijrah, untuk tahun baru yang penuh harapan.

Ada yang berbeda dengan pelaksanaan Kirab Muharram tahun ini, terutama dari sisi kepesertaan. Peserta adalah kelompok keluarga, bukan hanya perorangan. Setiap kelompok diwajibkan membuat 2 buah ecobrick, untuk ditukar dengan satu nomor peserta yang juga berfungsi sebagai nomor undian door prize dengan hadiah utama berupa tiket Umroh untuk satu orang pemenang. Dan ini adalah ide dari Ketua Yayasan Asih Putera, Ir. H. Edi Sudrajat Ahmad, yang begitu peduli dengan masalah lingkungan ini.

Banyak keunikan terjadi diantara kemeriahan dan keseruan pelaksanaan kirab ini. Yayasan Asih Putera benar-benar menunjukkan sukacitanya dalam merayakan tahun baru Islam ini, dengan memberikan ratusan hadiah doorprize dan juga uang tunai.

 

Salah satu pemenang hadiah uang tunai dari Yayasan Asih Putera adalah keluarga dengan kartu tanda peserta paling unik, didapatkan oleh keluarga yang membuat replika unta yang seukuran dengan unta aslinya, lengkap dengan tali kekang dan penumpangnya.

Hadiah uang tunai juga diberikan kepada peserta jalan sehat paling sepuh, yaitu Nenek Entin yang berusia 85 tahun. Hadiah  juga diberikan  kepada keluarga yang membawa anggota keluarga dengan usia paling kecil, didapatkan oleh seorang Ibu yang turut jalan sehat sambil menggendong bayinya yang berusia 8 bulan.

Masih banyak lagi kriteria pemenang unik lainnya, ada peserta dengan jumlah anggota keluaga terbanyak, komunitas dengan jumlah peserta terbanyak, ada pemenang kelompok dengan yell terbaik, pemenang kreasi name tag siswa dan lain sebagainya.

Acara ini mendapatkan dukungan luar biasa dari Pemerintah Kota Cimahi, kemudahan perizinan dari Kodim 0609 serta hadirnya Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Bapak Hardjono, S.Pd., M.M yang mewakili Plt Walikota Cimahi yang berhalangan hadir.

 

Dukungan dari berbagai pihak dan sponsor juga luar biasa, Bank Syariah Indonesia yang selama ini menjadi bank mitra Yayasan Asih Putera menjadi sponsor terbesar, selain itu juga didukung oleh Nibras Corp, PT. Gumilang Wening Asih, Kopi 372 Kolmas dan Kabuci, POM MI Asih Putera, Wendys, Hoka Hoka Bento, Jaswita Catering, Belia Food Catering, Rere Catering serta masih banyak lagi. Ketiga catering tersebut merupakan rekanan Yayasan Asih Putera dalam menyediakan layanan makan siang untuk siswa di madrasah Asih Putera.

Selain sponsor lembaga, dukungan juga diberikan secara perorangan dari keluarga Dewan Pendiri Yayasan Asih Putera, berupa pemberian door prize baik berupa barang maupun uang tunai. Bahagia sekaligus haru melihat antusiasme Dewan Pendiri Yayasan yang relatif sudah pada sepuh namun masih bersemangat mengikuti rute jalan sehat.

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan rampak kendang  siswi-siswi MTs Asih Putera, yang tampil energik menyambut kedatangan peserta, usai jalan sehat dan  kembali ke Lapang Rajawali sebagai tempat finish. Selain itu, kesyahduan shalawat dan istighfar yang dilantunkan Kang Harry, vocalis grup nasyid BPM yang pernah berjaya pada masanya, terasa  begitu menyentuh jiwa. Penampilan marawis dari anak-anak MA Multiteknik Asih Putera yang juga santri di Pesantren Asih Putera terasa begitu mengelus sanubari.

Salut dan penghargaan yang luar biasa untuk tim ensemble gamelan yang terdiri dari para siswa MA MT Asih Putera, yang tiada henti memukul gamelan selama acara berlangsung, yang gaungnya menyebarkan aura semangat dan kegembiraan. Tim ensemble gamelan di bawah pimpinan guru seni MTs-MA  Asih Putera Bapak Abizar ini, memberi warna semangat yang luar biasa.

 

Pemenang Umroh berfoto bersama Keluarga Dewan Pendiri Yayasan Asih Putera

Suasana haru dan suka cita begitu terasa, ketika hadiah utama berupa  satu buah tiket Umroh akhirnya jatuh ke tangan seorang Ibu Guru dari SD Gemilang Mutaffanin, salah satu sekolah mitra Yayasan Asih Putera.

Alhamdulillah, acara bisa terlaksana dengan tertib, aman dan tidak meninggalkan sampah sama sekali, berkat kesadaran seluruh peserta untuk membawa tempat sampah sendiri. Mari kita jadikan momen pergantian tahun baru Hijriyah ini, dengan selalu menjaga harmoni yang indah antara keluarga dan lingkungan sekitar kita, untuk bumi yang lebih baik.*