Yayasan Asih Putera
Image

Kiddos Cafe Asput

Oleh: Ida Farida (Guru TK Asih Putera)

Pembelajaran Anak Usia Dini merupakan pembelajaran yang tidak terlepas dari perkembangan dan pertumbuhan, tidak hanya fisiknya yang tumbuh akan tetapi diikuti dengan perkembangannya dalam memahami lingkungan sekitar, berbagai pekerjaan dan berbagai aktivitas yang dilakukan orang-orang yang dijumpainya.

Model pembelajaran Role Playing merupakan salah satu model pembelajaran yang diterapkan di TK Asih Putera, diantaranya pada tema Kebutuhan dengan sub tema Makanan dan Minuman.  Role Playing atau pembelajaran bermain peran pada sub tema makanan dan minuman yaitu dengan judul  “ KIDDOS CAFÉ ASPUT”,  dilaksanakan di TK Asih Putera 1 dan TK Asih Putera 2. Di KIDDOS CAFÉ ASPUT  tersedia beragam minuman dari buah-buahan,  ada jus jambu ceria, coctail imut, jus jeruk segar,  jus tomat dan jus wortel sehat.


Tujuan kegiatan ini diantaranya, agar anak-anak mengenal jenis-jenis pekerjaan dan mengenal proses pengolahan buah-buahan menjadi minuman sehat.  Saat kegiatan ini berlangsung, ada yang berperan menjadi chef /pembuat jus, ada yang berperan menjadi kasir,  penerima dan pencatat pesanan, pelayan café serta penyambut tamu cafe.

Role playing kali ini tidak hanya mengenal jenis pekerjaan dan merasakan langsung bagaimana menjadi seorang chef, kasir atau pelayan café saja , akan tetapi ada kompetensi yang diharapkan berkembang dengan baik, yaitu STEM (Science, Technology, Enngineering, Art, Mathematic).