Yayasan Asih Putera
Image

Market Days TK Asih Putera

Oleh: Lilis Susi Nursolihat

Beli…beli…beli…! Begitulah celotehan anak-anak TK  ketika menjajakan barang dagangannya kepada para pengunjung. Anak TK jualan? Ya betul, mereka jualan. Memangnya bisa? Bisa dong, karena ini adalah salah satu cara bermain sambil belajar anak-anak TK Asih Putera dengan metode bermain peran atau role playing.

Pekan ini adalah pekan anak-anak belajar tentang “Pasar”, untuk Market Days sendiri tepatnya di hari kamis, tanggal 22 September 2022 lalu. Di dalam kurikulum merdeka, guru diberi kebebasan dalam mengembangkan tema-tema materi ajar. Salah satunya adalah topik pasar ini. Guru bisa mengenalkan berbagai macam buan-buahan, sayuran dan lain sebagainya.

Di hari yang sama, anak-anak membawa buah atau sayuran, satu anak membawa satu jenis buah atau sayur. Ternyata banyak anak yang membawa lebih dari satu jenis sayur dan buah, sehingga ketika dikumpulkan menjadi banyak. Akhirnya anak-anak bisa bermain peran jual-beli.

 

Dalam bermain peran ini, anak-anak secara bergantian menjadi penjual dan pembeli. Karena melihat jumlah anak-anak yang lumayan banyak lebih dari 50 orang. Untuk waktunya dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi kelompok A dan kelompok B. Teknisnya adalah bergantian antara anak laki-laki dan anak perempuan menjadi penjual dan pembeli, begitu pun sebaliknya. Jadi dalam kegiatan ini, semua anak mempunyai pengalaman menjadi penjual dan pembeli.

Ketika menjadi penjual, anak akan belajar menjajakan barang jualannya, belajar mengidentifikasi barang jualannya, belajar berhitung, dan lain-lain. Ketika menjadi pembeli, anak akan belajar mengidentifikasi apa saja daftar barang yang harus dibelinya, belajar mengidentifikasi penjual mana yang menjual barang yang ada di daftar belanjaan, belajar berinteraksi dan berkomunikasi menanyakan barang yang akan dibelinya, juga mengenal nilai mata uang.

Ketika awal kegiatan, ada anak yang terlihat seperti kebingungan, ada juga yang ekspresif kegirangan ketika mendapatkan uang dari hasil jualannya (baca: uang-uangan). “Yeaaaaa…, aku kaya raya!” katanya sambil lari-lari dan bersorak-sorai. Ada juga anak yang asyik makan buah barang jualannya, “Emmh, enak…,” katanya. “Aku suka… aku suka!”

 

Dari kegiatan Market Days ini, anak-anak banyak belajar tentang enterpreuneur, mengenal berbagai jenis buah dan sayur. Bahkan sayuran yang langka ditemui oleh anak-anak, seperti sayuran leunca.

Sebelum kegiatan bermain peran pasar ini, guru mengenalkan berbagai nama buah dan sayuran yang akan dijual di pasar tersebut. Selain itu anak-anak mendapatkan misi untuk belanja sesuai dengan daftar belanjaan disesuaikan dengan usia. Untuk kelompok A (usia 4-5 tahun) membeli 1 buah tomat, 2 buah telur, 3 buah cabe, dan seterusnya. Untuk kelompok B (anak usia 5-6 tahun) jumlah barang yang harus dibeli lebih banyak.

Anak-anak harus mencari dan mengidentifikasi pedagang mana yang menjual barang yang ada di daftar belanjaannya. Seperti membeli 10 butir leunca, anak-anak akan menghitung bersama antara pembeli dan penjual. Setelah itu anak-anak membayar dengan uang-uangan yang sudah disediakan oleh guru. Begitupun untuk daftar belanjaan yang lainnya. Setelah selesai anak-anak melaporkan kepada guru hasil dari belanjaannya. Guru melihat dan mengecek hasil belanjaannya, apakah jumlah benda yang dibeli sesuai dengan daftar/ jumlah bendanya atau tidak. Guru akan melakukan assessment, siapa saja anak yang sudah bisa berhitung dan siapa saja anak yang masih perlu bimbingan dalam berhitung.