
Market Days TK Asih Putera
Oleh: Lilis Susi Nursolihat
Beli…beli…beli…!
Begitulah celotehan anak-anak TK ketika
menjajakan barang dagangannya kepada para pengunjung. Anak TK jualan? Ya betul,
mereka jualan. Memangnya bisa? Bisa dong, karena ini adalah salah satu
cara bermain sambil belajar anak-anak TK Asih Putera dengan metode bermain
peran atau role playing.
Pekan ini
adalah pekan anak-anak belajar tentang “Pasar”, untuk Market Days
sendiri tepatnya di hari kamis, tanggal 22 September 2022 lalu. Di dalam
kurikulum merdeka, guru diberi kebebasan dalam mengembangkan tema-tema materi
ajar. Salah satunya adalah topik pasar ini. Guru bisa mengenalkan berbagai
macam buan-buahan, sayuran dan lain sebagainya.
Di hari yang sama, anak-anak membawa
buah atau sayuran, satu anak membawa satu jenis buah atau sayur. Ternyata
banyak anak yang membawa lebih dari satu jenis sayur dan buah, sehingga ketika dikumpulkan
menjadi banyak. Akhirnya anak-anak bisa bermain peran jual-beli.
Dalam bermain peran ini, anak-anak
secara bergantian menjadi penjual dan pembeli. Karena melihat jumlah anak-anak yang
lumayan banyak lebih dari 50 orang. Untuk waktunya dibagi menjadi 2 sesi, yaitu
sesi kelompok A dan kelompok B. Teknisnya adalah bergantian antara anak
laki-laki dan anak perempuan menjadi penjual dan pembeli, begitu pun
sebaliknya. Jadi dalam kegiatan ini, semua anak mempunyai pengalaman menjadi
penjual dan pembeli.
Ketika menjadi penjual, anak akan
belajar menjajakan barang jualannya, belajar mengidentifikasi barang jualannya,
belajar berhitung, dan lain-lain. Ketika menjadi pembeli, anak akan belajar
mengidentifikasi apa saja daftar barang yang harus dibelinya, belajar
mengidentifikasi penjual mana yang menjual barang yang ada di daftar belanjaan,
belajar berinteraksi dan berkomunikasi menanyakan barang yang akan dibelinya,
juga mengenal nilai mata uang.
Ketika awal kegiatan, ada anak yang terlihat
seperti kebingungan, ada juga yang ekspresif kegirangan ketika mendapatkan uang
dari hasil jualannya (baca: uang-uangan). “Yeaaaaa…, aku kaya raya!” katanya
sambil lari-lari dan bersorak-sorai. Ada juga anak yang asyik makan buah barang
jualannya, “Emmh, enak…,” katanya. “Aku suka… aku suka!”
Dari kegiatan Market Days ini, anak-anak
banyak belajar tentang enterpreuneur, mengenal berbagai jenis buah dan sayur.
Bahkan sayuran yang langka ditemui oleh anak-anak, seperti sayuran leunca.
Sebelum kegiatan bermain peran pasar
ini, guru mengenalkan berbagai nama buah dan sayuran yang akan dijual di pasar
tersebut. Selain itu anak-anak mendapatkan misi untuk belanja sesuai dengan
daftar belanjaan disesuaikan dengan usia. Untuk kelompok A (usia 4-5 tahun)
membeli 1 buah tomat, 2 buah telur, 3 buah cabe, dan seterusnya. Untuk kelompok
B (anak usia 5-6 tahun) jumlah barang yang harus dibeli lebih banyak.
Anak-anak harus mencari dan
mengidentifikasi pedagang mana yang menjual barang yang ada di daftar
belanjaannya. Seperti membeli 10 butir leunca, anak-anak akan menghitung
bersama antara pembeli dan penjual. Setelah itu anak-anak membayar dengan
uang-uangan yang sudah disediakan oleh guru. Begitupun untuk daftar belanjaan
yang lainnya. Setelah selesai anak-anak melaporkan kepada guru hasil dari
belanjaannya. Guru melihat dan mengecek hasil belanjaannya, apakah jumlah benda
yang dibeli sesuai dengan daftar/ jumlah bendanya atau tidak. Guru akan melakukan
assessment, siapa saja anak yang sudah bisa berhitung dan siapa saja anak yang
masih perlu bimbingan dalam berhitung.
Market Days ini adalah salah satu
program tahunan TK Asih Putera. Program ini bertujuan untuk mengembangkan jiwa
enterpreneur, keterampilan hidup, dan juga sekaligus penguatan karakter siswa. Kaitannya
dengan konsep kurikulum merdeka PAUD atau karakteristik utama kurikulum merdeka
adalah menguatkan kegiatan bermain yang bermakna sebagai proses belajar.
Menguatkan relevansi PAUD sebagai fase pondasi (bagian penting dari
pengembangan karakter dan kemampuan anak serta kesiapan anak bersekolah di
jenjang selanjutnya).
Capaian perkembangan dalam kegiatan Market Days ini, merujuk
pada elemen dasar-dasar literasi, matematika, sains, teknologi, rekayasa dan
seni yaitu capaian perkembangan:
1. Anak
mengenal dan memahami berbagai informasi, mengomunikasikan perasaan secara
lisan dan tulisan atau menggunakan berbagai media serta membangun percakapan.
2. Anak
menunjukkan minat, kegemaran, dan berpartisipasi dalam kegiatan pra membaca dan
pra menulis.
3. Anak
mengenali dan menggunakan konsep pra matematika untuk memecahkan masalah di dalam
kehidupan sehari-hari.
4. Anak
menunjukkan kemampuan dasar berpikir kritis, kreatif dan kolaboratif
5. Anak
menunjukkan rasa ingin tahu melalui observasi, eksplorasi, dan eksperimen
dengan menggunakan lingkungan sekitar dan media sebagai sumber belajar, untuk
mendapatkan gagasan mengenai fenomena alam dan sosial.
6. Anak
menunjukkan kemampuan awal menggunakan dan merekayasa tekhnologi serta untuk
mencari informasi, gagasan, dan
keterampilan secara aman dan bertanggung jawab.
Alhamdulillah,
kegiatan Market Days ini berjalan dengan lancar dan meriah. Anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti
dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Pembelajaran dengan menggunakan
metoda Role Playing ini memang sangat menyenangkan.
“Aku mau jualan
lagi, biar dapat uang banyak!” ujar Hanif, yang terlihat sangat antusias saat berjualan.
Sepertinya Hanif sangat berbakat menjadi seorang pengusaha, semoga….*