Yayasan Asih Putera
Image

Pejudo Cantik dari Asih Putera

Oleh: Ceuceu Gumilang

Sama sekali tidak menyangka, di balik wajah cantik dan sikap femininnya, ternyata Felisha Fatimah Febryano atau biasa disapa Felisha, adalah seorang jagoan bela diri Judo. Selama ini sikapnya tidak pernah menunjukkan bahwa dia seorang jagoan, dia belajar dan bergaul dengan guru dan teman-teman di sekolah secara wajar.

Luar biasa, Felisha yang bungsu dari dua bersaudara ini baru saja meraih prestasi membanggakan dengan merebut medali perak di  Pekan Olah Raga Provinsi XIV Jawa Barat, di kelas 67 kilogram.

Prestasi tak bisa diraih secara instan atau tiba-tiba, semua butuh proses panjang serta kerja keras. Dan Felisha membuktikan semua itu. Siswi kelas 9 MTs Asih Putera ini, ternyata sudah melakukan olahraga bela diri Judo sejak kelas 1 SD, tetapi baru serius menekuninya saat duduk di kelas 7 MTs Asih Putera, tepatnya saat awal pandemi Covid-19.

Selama ini, sang ayahlah yang menginspirasi Felisha hingga tertarik terjun menjadi atlit Judo. Pantas saja, ternyata Papi Felisha adalah seorang pelatih beladiri Judo di POLRI.

Pandai membagi waktu adalah sebuah keharusan untuk seorang Felisha. Antara kewajiban sekolah dan melakukan latihan rutin Judo. Selama ini, jika tidak ada pertandingan Felisha melakukan latihan Judo setiap hari Senin, Selasa, Rabu dan Sabtu pada pukul 4 sore setelah pulang sekolah.  Tempat latihannya ada di 3 tempat, yaitu di Judo Institute Bandung (IJB), Pajajaran Judo Club dan PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar) di Arcamanik Bandung.

Di luar hari latihan itu,  Felishapun rajin melakukan fitnes, karena fitnes sangat mendukung untuk olah raga judo, terutama untuk menambah kekuatan fisik saat mengangkat beban/lawan. Saat pergi latihan selalu ditemani Mami tercinta, dan biasanya saat pulang latihan suka mampir jajan mie ayam, makanan kesukaannya.

Usaha tak akan pernah mengkhianati hasil. Berkat latihan keras dan disiplin tinggi, akhirnya Felisha berhasil meraih prestasi. Dua prestasi terakhir yang diraihnya adalah yang terbaru, yaitu Juara 3 KEJURDA (Kejuaraan Tingkat Daerah)  dan medali perak pada PORPROV XIV Jawa Barat, mewakili kontingen Kota Cirebon yang mengontraknya.

Untuk sampai ke babak final PORPROV XIV ini, sebelumnya di babak penyisihan Felisha berhasil menumbangkan lawan-lawannya dari Kabupaten Subang, Kota Bogor, Kota Indramayu, Kota Purwakarta, Kota Bandung, DKI, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Cianjur dan Sukabumi. Wah, luar biasa Felisha!

Pejudo cantik ini memiliki cita-cita mulia menjadi seorang hakim, agar bisa menegakkan keadilan. Pelajaran yang paling disukai di sekolah adalah Bahasa Inggris, juga secara otodidak belajar Bahasa Korea. Wah, mengapa suka dengan kedua bahasa asing itu?  Menurut Felisha, karena selain suka olah raga dia juga suka mendengarkan musik dari penyanyi luar negeri, sehingga ingin tahu arti dan makna lagu tersebut. Selain itu,  tertarik Bahasa Korea karena sewaktu-waktu latihan Judo ke Korea bisa paham Bahasa Korea. Keren banget!

Ternyata dalam olahraga bela diri Judo ini, Felisha punya tokoh idola yang luar biasa. Felisha sangat mengidolakan Vladimir Putin, sebagai guru besar Judo Dan 8, dan juga sebagai seorang pemimpin negara yang sukses. Selain Putin, Felisha juga sangat nge-fans terhadap Abe Uta,  pejudo peraih medali emas Olimpiade asal Jepang. Ketika ditanya mimpinya terkait olahraga bela diri Judo ini, Felisha menargetkan meraih medali Emas pada PORPROV XV mendatang, juga pada kejuaraan-kejuaraan di tingkat lebih tinggi seperti Kejurnas, PON, SEAGAMES bahkan Olimpiade.

Ada sebuah pesan penuh motivasi dari Felisha untuk teman-temannya. “Lakukan hobimu dengan sepenuh hati, karena siapa tahu hobi itu akan menjadikan dirimu berprestasi dan membantumu mencapai cita-cita di masa depan.” Super sekali!

Kita tak pernah tahu kan, satu saat nanti bendera merah putih akan berkibar gagah di pesta akbar olah raga dunia Olimpiade melalui Felisha, dengan medali emasnya di cabor bela diri Judo, aamiin....*