Yayasan Asih Putera Hotline : 0226612217
Image

Setelah AP Fest 3.X

Oleh: Edi S. Ahmad

Penyerahan pataka AP Fest dari Chanda, Ketua Panitia Asih Putera Festival 3.0 (AP Fest 3.0) kepada adik kelasnya menandai pewarisan kegiatan ini ke angkatan berikutnya. Sebuah karya telah diguratkan oleh Chanda dan kawan-kawan, dan tanggung jawab berikutnya ada di pundak adik-adiknya.

Prestasi AP Fest 3.0 yang diselenggarakan Orimayanik (baca: OSIS) Madrasah Aliyah (MA) Asih Putera, dan AP Fest 3.1 oleh OSIS Madrasah Tsanawiyah Asih Putera ini tidak main-main. Ada lebih dari 800 peserta yang mengikuti kegiatan lomba, belum termasuk peserta bazar. Mereka datang dari wilayah Bandung Raya dan sekitarnya. Sementara ratusan siswa MTs dan MA Asih Putera pun terlibat di dalamnya, apakah sebagai panitia, tampil di panggung pertunjukan, atau sebagai peserta lomba.

Semua ini modal yang sangat bernilai bagi kerja-kerja para penerusnya. Namun itu tidak menjadi jaminan jika mereka tidak dibekali dengan motivasi dan keterampilan yang sama atau lebih baik dari generasi pendahulunya. Sehingga sudah saatnya bagi Firdausiy ‘Aima Tsabitah sebagai ketua Orimayanik MA MT Asih Putera dan Chanda Aradana sebagai ketua pelaksana AP Fest 3.0; begitu pula Rezvan Muhammad Zulva Juliansyah sebagai ketua OSIS MTs Asih Putera merangkap ketua pelaksana AP Fest 3.1 beserta seluruh jajaran timnya, untuk memerankan diri sebagai mentor bagi adik-adiknya.

 

Mereka perlu mengupayakan diskusi dan refleksi, seminar atau workshop, sebagai ajang berbagi pengalaman kepada adik-adik kelasnya. Dari rangkaian kegiatan itu siapa tahu dapat dihasilkan karya seperti buku pegangan bagi para aktivis, SOP kegiatan, atau visi misi organisasi ke depan. Tidak tertutup pula kemungkinan munculnya gagasan-gagasan baru yang akan memperkaya program.

‘Ala kulli haal, bagaimanapun AP Fest telah mewariskan nilai-nilai baik ini: persahabatan antar sekolah, kolaborasi dengan berbagai unsur dalam masyarakat, serta semangatnya dalam menjaga silaturahmi. Pun mewariskan tradisi kepemimpinan, kebanggaan dan tanggung jawab terhadap corsa, kecakapan hidup dalam arti yang luas, serta penerapan nilai-nilai keislaman dalam segala aspeknya -- dalam tubuh organisasi siswa.

 

AP Fest telah berkontribusi dalam merawat dan menambah jaringan silaturahmi yayasan. Kita telah meyakini bahwa dengan silaturahmi, Allah memanjangkan umur dan meluaskan rezeki. Maka sangat boleh jadi, rezeki yang mengalir ke Asih Putera adalah imbas dari silaturahmi yang dijalin oleh semua pihak, salah satunya melalui kegiatan AP Fest ini.

Bagi Orimayanik MA MT Asih Putera dan OSIS MTs Asih Putera, tantangan berikutnya sudah menunggu. Yakni agenda Kirab Muharram Asih Putera 1445 H. Masih sekitar enam bulan ke depan, akan tetapi persiapannya telah harus dimulai di awal tahun 2023 ini.


Ada yang sedikit berbeda untuk penyelenggaraan Kirab Muharram tahun ini. Jika tahun lalu peserta harus menyetorkan dua botol ecobrick sebagai tanda kepesertaan, tahun ini ditandai dengan keharusan menanam bibit pohon. Yang tetap sama adalah concern Kirab Muharram pada kelestarian alam dan kepeduliannya pada bumi. 

Kirab Muharram Asih Putera adalah kegiatan rutin tahunan menyambut kedatangan tahun baru Hijriah. Aktivitasnya berupa jalan kaki sehat yang diikuti oleh para keluarga, dalam kebersamaan dan kegembiraan. Diakhiri dengan taburan ratusan doorprize yang sudah disiapkan panitia dan sponsor, dan puncaknya adalah grandprize Asih Putera berupa paket umroh bagi satu orang peserta yang beruntung. 


Kegiatan ini terbuka untuk umum. Ada lebih dari 1.000 murid Asih Putera beserta keluarganya yang wajib hadir. Belum termasuk guru, staf, pengurus, dan pendiri Yayasan beserta keluarganya. Juga diikuti secara rutin oleh sekolah-sekolah yang menjadi mitra Asih Putera seperti: Sekolah Al Amin, Sekolah Interaktif Abdus Salam, dan Sekolah Interaktif Gemilang Mutafannin. Serta yang tidak pernah absen: komunitas Klub Jantung Sehat.

Tema Kirab Muharram 1445 H ini adalah: “Pohon untuk Kehidupan”. Sebagai tanda kepesertaan, setiap keluarga akan diminta untuk menanam sekurangnya satu bibit pohon, dan dibuktikan dengan mengunggah foto kegiatan menanam pohon itu di media sosial Asih Putera. Mengingat bahwa bibit tanaman harus disiapkan enam bulan sebelum ditanam di tanah, maka di bulan Januari nanti akan diagendakan satu kegiatan berupa sosialisasi penyemaian dan penanaman benih pohon.

 

Ini adalah bagian dari model pendidikan di Asih Putera. Setiap diri adalah pembelajar dan setiap kesempatan digunakan sebaik-baiknya untuk belajar dan mengasah kemampuan. Keterlibatan di kegiatan ini bagi siswa MTs akan menjadi bagian dari petualangan mereka. Dan bagi siswa MA MT merupakan kesempatan untuk meningkatkan kapasitas diri.

Seluruhnya tidak lain dalam rangka menegaskan peran kita sebagai khalifah Allah di muka bumi. Sebuah kehormatan yang telah seharusnya kita syukuri..

 

KBB, 29 Desember 2022 / 5 Jumadil Akhir 1444 H

Edi S. Ahmad (Ketua Yayasan Asih Putera)

Catatan:

Sebelum AP Fest 3.0 dan AP Fest 3.1, sepekan sebelumnya terselenggara AP Fest 3.3 di MI Asih Putera dan AP Fest 3.2 di TK Asih Putera yang berlangsung sukses dan meriah. Panitianya adalah guru dan orang tua siswa.