Family Gathering Yayasan Asih Putera | 5–7 Januari 2020

Jan 17, 2020

“Bring better life to the world”

Tak kenal maka tak sayang, adalah benar adanya. Di dalam komunitas pendidikan Yayasan Asih Putera yang dari waktu ke waktu terus  berkembang menjadi semakin besar, maka ungkapan tak kenal maka tak sayang sangatlah tepat. Semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung di dunia pendidikan Asih Putera, sejatinya harus saling mengenal. Persaudaraan dan persahabatan harus dibangun, dipelihara dan dikembangkan secara harmonis agar semakin erat dan besar.

Karenanya, perlu sebuah wadah yang bisa memfasilitasi terjadinya hal tersebut. Yayasan Asih Putera sebagai payung utama semua aktifitas kependidikan maupun non kependidikan, memiliki tanggung jawab besar untuk bisa menjaga keharmonisan hubungan di seluruh komunitas Asih Putera. Perlu dibangun lingkungan kerja yang harmonis, hangat dan saling mengenal dengan baik secara pribadi, maka dirasa perlu untuk membuat sebuah kegiatan yang bersifat informal dan bisa diikuti oleh seluruh entitas Asih Putera dan keluarganya.

Untuk memfasilitasi itu semua, Yayasan Asih Putera menganggap sangat perlu dibuat sebuah agenda rutin yang bisa mewadahi hal itu. Dimana pada satu kegiatan tersebut, seluruh Keluarga Besar Yayasan Asih Putera dari mulai Dewan Pendiri hingga keluarga dan anak cucu, guru-guru, staf dan OB beserta keluarganya ikut hadir dan terlibat dalam kegiatan yang penuh dengan nuansa kekeluargaan itu. Family Gathering Asih Putera, adalah salah satu bentuk kegiatan yang dimaksud. Acara Family Gathering ini diharapkan akan menjadi wadah terbangunnya tali persaudaraan dan kekeluargaan di lingkungan keluarga besar Yayasan Asih Putera.

Pada tanggal 5 – 7 Januari 2020 lalu, kegembiraan dalam kebersamaan seperti tumpah ruah, ketika hampir 400 orang dari seluruh entitas Yayasan Asih Putera ikut serta dalam kegiatan Family Gathering ke Pantai Pangandaran. Dengan menggunakan 7 buah bis, dibawah koordinasi event organizer Kaisar Tour, rombongan berangkat dari titik kumpul di Pusdik Armed pada pukul 01.30 dengan destinasi pertama adalah Pantai Batu Karas.

Tiba di Pantai Batu Karas sekitar pukul 08.00 pagi, kondisi fisik yang lelah karena semalaman berada di dalam bis ditambah ada beberapa orang yang mabuk kendaraan seketika lenyap, terobati saat  mendengar suara debur ombak dan suasana pemandangan di pantai Batu Karas. Ombak yang agak besar menjadi sangat menyenangkan untuk bermain selancar, banana boat, donut boat ataupun hanya sekedar bermain-main air saja. Kaisar Tour menjamu kita semua dengan sarapan yang sangat nikmat di tepi pantai, sambil menikmati semilir angin laut dan melihat para peselancar lincah menari di atas ombak.

Destinasi selanjutnya setelah puas bermain air di Pantai Batu Karas, rombongan menuju tujuan utama yaitu Pantai Pangandaran. Seluruh rombongan menginap di Hotel Laut Biru yang tepat berada di bibir pantai, dengan pemandangan yang sangat indah. Apalagi ketika kita berada di Roof Top Hotel, pemandangan yang bisa berlihat sangat luar biasa. Ada beberapa bangkai kapal yang sengaja ditenggelamkan oleh Menteri Susi, Sang Ratu Pantai Pangandaran karena kapal asing itu telah berani mencuri kekayaan laut kita secara ilegal.

Usai beristirahat sejenak, seluruh peserta Family Gathering mulai ‘melaut’ dengan mengenakan seragam yang khusus dibuat untuk acara ini. Sebelum melakukan kegiatan berbasah ria bercengkrama dengan ombak pantai laut selatan, kita melakukan sesi foto bersama, kemudian terlibat dalam berbagai kegiatan Fun Games yang sudah dirancang oleh panitia. Tawa kita bagai susah berhenti, melihat kelucuan-kelucuan yang terjadi saat lomba permainan yang cukup mengocok perut itu. Bagaimana serunya guru-guru dan yayasan berlomba mencapai garis finish dalam permainan Tank Baja, sampai jatuh bangun di pasir yang empuk. Ibu-Ibu yang biasanya tampak lembut, tiba-tiba berubah lincah dan tak malu “gogorowokan” saat permainan futsal puteri antar bis, begitupun dengan para Bapak. Usai permainan, saatnya family time, kita semua menikmati acara bebas dengan keluarga masing-masing. Selain di Pantai Pangadaran ada juga yang sengaja menyewa perahu boat untuk menuju ke Pantai Pasir Putih dan melakukan snorkling di sana.

Saatnya makan malam. Kaisar Tour sudah mendisain acara makan malam dan Malam Keakraban di Restaurant Hotel Laut Biru. Malam itu, kita menguasai sepenuhnya ruangan Restaurant yang  berkapasitas sekitar 500 tamu. Malam yang gembira diisi dengan pembagian hadiah lomba dan karaoke lagu anak-anak dan tembang-tembang lawas yang diiringi oleh organ tunggal.

Akhirnya pesta harus berakhir, hanya semalam kami menikmati keseruan di pantai Pangandaran. Tapi masih ada setengah hari yang tersisa untu hunting oleh-oleh khas Pantai Pangandaran. Ikan asin Jambal Roti tetap jadi primadona, disusul lobster segar dan “Peuteuy” yang sangat murah meriah harganya. Bayangkan, hanya dengan uang 25.000 rupiah kita bisa mendapatkan 20 papan pete yang sangat segar baru dipetik. Bagasi bispun harus ditata ulang, karena ada penambahan muatan berupa oleh-oleh …

Saat dalam perjalanan pulang kembali ke Cimahi, suasana bis terasa lebih hening dari biasanya. Sepertinya semua peserta mulai larut dalam mimpi indahnya saat bermain-main dengan pasir dan gelombang laut. Menikmati rasa syukur bisa bergembira dalam suasana kekeluargaan yang akrab bersama seluruh keluarga besar Yayasan Asih Putera. Terimakasih Yayasan Asih Putera,  Family Gathering berikutnya kemana yaa…??*** (Ceu Ceu Gumilang)

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.