Guru Era New Normal

Pelatihan Google Classroom Jul 08, 2020

Tidak terbayangkan dari awal, bahwa pandemi Covid-19 benar-benar telah merubah total tatanan kehidupan manusia hampir di seluruh dunia. Selain berkurangnya jumlah populasi dunia secara drastis dalam kurun waktu yang relatif sangat cepat, sejak ditemukan pertamakali virus mematikan ini di Wuhan, bulan November tahun lalu.

Tak ingin hanyut dengan ketakutan dan kekhawatiran berlama-lama, saatnya kita siaga menghadapi hidup baru secara normal berdampingan dengan Si Corona ini,  karena hingga saat ini belum ada vaksin yang diklaim efektif untuk bisa kebal dari paparan Covid-19.  Kita dituntut mampu beradaptasi dengan situasi baru, hidup dalam era new normal. Minimal kita selalu menjalankan protokol pencegahan penularan Covid-1p dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan.

Lalu bagaimana dampaknya terhadap dunia pendidikan, yang notabene menjadi core Yayasan Asih Putera selama 35 tahun eksistensinya? Kreatifitas layaknya memang tanpa batas. Dipimpin oleh ketua baru Ir. H. Edi Sudrajat Ahmad yang visioner dan revolusioner cara berpikirnya, mengajak seluruh civitas di Asih Putera untuk siaga, menghadapi pola pendidikan di era new normal.

Melalui Asih Putera Learning Center yang dipimpin oleh Dr. H.E. Kusdinar Ahmad, dan anggota tim yang handal, selama sebulan ini maraton dilakukan pelatihan untuk guru-guru terkait dengan perangkat pembejaran jarak jauh oleh Manager Peminatan dan Magang Asih Putera, Cahyo Priyanto. Kita tidak hanya berbicara tentang materi dalam bentuk modul atau handout, namun juga tentang model dan mekanisme serta media penyampaian pembelajaran yang efektif kepada murid-murid.

Memanfaatkan teknologi komunikasi berbasis Google, secara berkala dilakukan pelatihan untuk seluruh guru di Madrasah Asih Putera, beberapa keterampilan menggunakan aplikasi Google Classrom, Google Form, LiveBoard, Plotagon, Quiziiz dan lain-lain. Saatnya kita melek dengan teknologi, karena zaman menuntutnya demikian. Menjadi guru di era new normal memang keren. Loyo? Jangan!!**(erg)

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.