KIRAB MUHARRAM 1441 H “ASIH PUTERA ECO SCHOOL MEMBANGUN PERADABAN CINTA ALAM”

Setiap pergantian tahun baru, sejatinya diikuti oleh adanya perubahan untuk menjadi semakin baik dalam seluruh aspek kehidupan. Di tengah isu kerusakan lingkungan yang sudah sangat mengancam kehidupan makhluk di bumi ini, dipandang tepat apabila momen Tahun Baru 1441 Hijriyah ini dijadikan momentum untuk melakukan aksi nyata, hijrah ekologi demi menjadikan bumi kita kembali sehat dan nyaman bagi para penghuninya.   Yayasan Asih Putera telah dan akan terus berbuat nyata bagi penyelamatan bumi. Satu diantaranya adalah melalu program Asih Putera Eco School.

Sebagai budaya yang sudah menjadi tradisi tahunan, Yayasan Asih Putera kembali menggelar Kirab Muharram 1441 Hijriyah di Kota Cimahi. Memeriahkan pergantian tahun baru Islam dengan berbagai kegiatan penuh makna dan memberi manfaat bagi khalayak, sesuai dengan visi Yayasan Asih Putera “Menjadi lebih besar dan bermafaat bagi semesta”.

Kirab Muharram 1441 H dilaksanakan bertepatan dengan Hari Minggu, tanggal 1 September 2019 mengusung tema “Asih Putera Eco School Membangun Peradaban Cinta Alam”. Diikuti oleh sekitar 3000 orang peserta, kegiatan diawali dengan Senam Jantung Sehat massal di halaman Pendopo DPRD Kota Cimahi, yang dimotori oleh Klub Jantung Sehat Kota Cimahi lalu dilanjut dengan  jalan sehat menuju kampus MTs – MA Asih Putera.

Perhelatan Kirab Muharram 1441 H di MTs – MA Asih Putera diawali dengan Senam Silat Jantung Sehat dan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, antara lain Donor Darah yang bekerjasama dengan PMI RSUD Cibabat, Pameran Ekologi Taman Qur’ani dan Solar Cell System, Water Contain System, demo membuat Eco Brick, Bazaar produk dan makanan, stand Penerimaan Siswa Baru, Ceramah tentang Hijrah,  panggung gembira dengan berbagai penampilan seni dari murid MTs – MA Asih Putera.  Dalam kegiatan Kirab Muharram ini, diberikan hadiah doorprize dari para sponsor dan grandprize 2 tiket Umroh dari Yayasan Asih Putera.

Walikota Cimahi, Ir.H. Ajay Muhammad Priyatna hadir dalam kegiatan Kirab Muharram ini. Dalam sambutannya, Beliau memberikan apresiasi kepada Yayasan Asih Putera sebagai pelopor gerakan eco school di Cimahi dan selalu memberi kontribusi bagi perkembangan Kota Cimahi. Selain Walikota, hadir pula beberapa pejabat antara Kepala Dinas Pendidikan Cimahi, Dandim 0609, Kapolsek dan para pejabat lainnya. Dewan Pendiri dan Dewan Pengawas Yayasan Asih Putera beserta keluarga besar hadir dan menyumbangkan banyak sekali hadiah doorprize untuk para peserta.

Dalam kegiatan ini juga diperkenalkan para Duta Lingkungan Asih Putera dari setiap madrasah di lingkungan Yayasan Asih Putera, mulai dari TK, MI, MTs dan MA. Mereka menyatakan Deklarasi untuk tugas dan tanggung jawab mereka sebagai Duta Lingkungan Asih Putera. Mereka akan berperan sebagai leader di madrasah untuk melaksanakan komitmen program Asih Putera Eco School, menjadi teladan bagi teman-temannya dan mengajak seluruh warga sekolah untuk perduli dengan bumi.

Ada yang berbeda dengan suasana kirab tahun ini, sesuai dengan komitmen Asih Putera untuk turut berkiprah nyata dalam program ekologi, peduli dengan sampah dan kerusakan lingkungan,  maka para peserta kirab dihimbau untuk membawa botol minum dan wadah makan sendiri. Para pedagang di bazaar dihimbau tidak menggunakan plastik untuk bungkus atau wadah makanan. Sehingga semua bersinergi untuk bersama-sama memerangi sampah plastik.

Mari kita jadikan 1 Muharram 1441 H ini sebagai momentum untuk melakukan yang terbaik bagi bumi kita, mari kita hijrah yang sebenar-benarnya hijrah agar bisa memberi manfaat bagi semesta.*** Ceu2 Gumilang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *