Menjelajah Taman Hutan Raya Ir. Juanda: Wisata Sejarah yang Seru | Kelas Berjalan Kelas 2 | MI Asih Putera

Belajar pada saat kelas berjalan sambil mengetahui sedikit sejarah dilakukan anak-anak kelas 2 MI Asih Putera  Cimahi pada Hari Kamis 12 September 2019 ke Taman Hutan Raya Juanda. Pengalaman yang sangat mengasyikkan, sedikit seram karena ada yang takut gelap masuk ke Gua Jepang dan Gua Belanda tetapi menurut anak-anak merupakan pengalaman yang  seru.

Berangkat pukul 07.45 dari Cimahi, 115 anak dengan 6 guru pembimbing. Kami tiba di Hutan konservasi alam di Desa Ciburial Bandung yang memiliki pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk ini pukul 08.26.  Dipandu seorang guide,  Anak-anak mulai menjelajah Gua Jepang. Gua ini memiliki 4 pintu. Terdapat lorong yang panjang dan banyak persimpangan. Langit-langitnya agak rendah sehingga gelap, anak-anak membawa senter untuk menerangi jalan mereka di dalam Gua. Agak seram sih….tapi seruuu juga kata anak-anak. Senang saja soalnya mereka memainkan senter.

Selesai dari Gua Jepang anak-anak menjelajahi Gua Belanda. Langit-langitnya lebih tinggi dari Gua Jepang. Seperti ada bekas penerangan di atasnya hanya tidak berfungsi. Lebih lega bernafas meskipun tetap gelap dan lorongnya panjang . Kita melihat ada jeruji besi di dalam gua, dan ada rel troli untuk pengangkutan barang meskipun sudah tidak berfungsi lagi.

Lumayan menguras energi. Anak-anak berjalan melalui jembatan untuk istirahat dan membuka bekal makanan berat yang mereka bawa. Setelah cukup istirahat, kami menuju musium Tahura. Musium ini berisi hewan yang pernah ada di Tahura yang sudah diawetkan diantaranya ada macan tutul dan berbagai macam burung. Anak-anak masuk perkelas karena musiumnya kecil.  Yang menunggu di luar musium diberi tugas mengisi lembar kerja yang berkaitan dengan benda-benda yang mereka lihat di sekitar  Tahura  dan mengelompokkan berdasarkan wujudnya kemudian menggambarkannya sesuai dengan pelajaran tematik yang sedang mereka pelajari.

Siang pukul 12.00 kami pulang kembali ke Cimahi dengan membawa kesan yang sangat menyenangkan .”Serruuuu…..’ kata anak-anak. Banyak yang ingin kembali lagi menjelajah Taman Hutan Raya Juanda. Ok. Siapa Takut? (Bu Imas Wina T)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *