Pentingnya Gizi Kebugaran Pada Masa Pandemic Covid-19

Webinar Series AP-1 Jul 20, 2020

Rangkaian Webinar Asih Putera yang akan digelar 4 pekan berturut-turut telah diawali pada Hari Jum’at, 17 Juli 2020 dengan menghadirkan narasumber Dr. H.E. Kusdinar, M.Ph. Saat ini Beliau menjabat sebagai Direktur Asih Putera Learning Center, di Yayasan Asih Putera. Selain itu, saat ini Beliau menjabat sebagai dosen dan juga Kaprodi di Fakultas Kesehatan Masyarakat, di perguruan tinggi yang ada di Jakarta dan Depok

Menyikapi perubahan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari akibat pandemic Covic-19 yang telah demikian mengglobal, fatal dan meminta banyak korban, maka menjalankan motto Public Health “Pencegahan lebih baik dari pengobatan, Pencegahan lebih murah dari pengobatan” menjadi sangat penting untuk kita semua.

Masyarakat harus dididik untuk mau melakukan langkah-langkah pencegahan dari pada pengobatan. Kita tidak bisa menghilangkan virus Covid-19 dari sekitar kita, yang bisa kita lakukan adalah menjaga kebugaran tubuh kita agar memiliki imunitas tinggi dan tidak mudah terpapar oleh virus.

Apa itu kebugaran?

Kebugaran adalah kemampuan fisik yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan aktivitas fisik tanpa harus mengalami kelelahan atau merasakan kecapekan yang berarti.

Sebagai ilustrasi, jika kita pulang bekerja dari kantor kemudian tiba di rumah masih sanggup melakukan pekerjaan rumah dan beraktivitas penuh sampai menjelang tidur, tanpa rasa lelah yang berarti, maka dapat dikatakan bahwa kita memiliki kebugaran yang prima

Sebaliknya, jika pulang kantor kita sampai di rumah kita merasa kelelahan dan maunya hanya tidur, maka itu pertanda kebugaran kita rendah.

Ada 4 komponen yang mejandi penentu kebugaran seseorang, yaitu asupan gizi, status gizi, status kesehatan dan aktivitas fisik.

Selain status gizi, asupan gizi dan status kesehatan, makan hal penting yang sangat mempengaruhi kebugaran seseorang adalah aktivitas fisik. Aktivitas fisik adalah gerakan tubuh dan otot rangka, yang membutuhkan energi dan menyehatkan (body movement).

Hidup di tengah pandemi Covid-19 saat ini, maka diperlukan kearifan dan pemahaman kita tentang bagaimana menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat dan seimbang. Kalau dahulu kita mengenal pola makanan 4 sehat 5 sempurna, maka saat ini muncul sebuah perubahan makna menyesuaikan dengan situasi pandemik saat ini. Muncullah istilah 4 sehat 5 sempurna kekinian. Untuk menghidari dari paparan viirus corona, maka selalu menerapkan 4 sehat-5 sempurna kekinian yang terdiri dari : kenakan masker, selalu menjaga jarak, rajin mencuci tangan, lakukan olah raga teratur dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Yang harus dipahami oleh kita adalah, bahwa ada hubungan antara 4 sehat 5 sempurna kekinian dengan 4 pilar gizi seimbang. Gizi seimbang memiliki 4 pilar yaitu; Aneka ragam makanan, perilaku hidup bersih, aktifitas fisik dan selalu menimbang badan untuk mengetahui berat ideal tubuh kita.

Saat ini terjadi beban ganda populasi, yaitu adanya over nutrition dan under nutrition, Kasus obesitas merebak di mana-mana. Waspadai obesitas, karena sangat beresiko dengan datangnya berbagai penyakit. Bagi para pria yang memiliki perut buncit (obesitas sentral) sangat beresiko terjangkit penyakit jantung koroner. Sedangkan obesitas secara keseluruhan sangat beresiko terkena penyakit diabetes.

Untuk kondisi saat ini gizi kebugaran itu sangat penting. Gizi kebugaran terbentuk dari   4 komponen kebugaran  yang ditambah dengan olah raga, makanan bergizi dan menerapkan 4 sehat 5 sempurna kekinian.

Gizi kebugaran sangat penting saat ini, karena akan meningkatkan immunitas tubuh kita terhadap segala macam penyakit. Dengan imunitas yang kita miliki, kita akan selalu produktif dan terbebas dari penyakit.

Selalu menjaga gizi kebugaran, melakukan kebiasaan 4 sehat - 5 sempurna kekinian dan teguh melaksanakan 4 pilar gizi seimbang, maka yakinlah Pandemi Covid-19 akan segera hilang dari lingkungan kita. Semua harus peduli, semua harus berusaha menjaga gizi kebugaran agar meningkatkan immunitas pada tubuh kita, sehingga tetap bugar, produktif dan bebas penyakit.(erg) ***

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.