SATGAS COVID-19 ASIH PUTERA

Ketika Covid-19 mulai masuk ke Indonesia, tepatnya ketika Pemerintah pertama kali mengumumkan adanya warga Depok yang positif terinfeksi Covid-19 pada bulan Februari lalu, Ketua Yayasan Asih Putera langsung bertindak cepat untuk melakukan sebuah tindakan antisipatif.

Ketua Yayasan Asih Putera, Bapak Ir.H. Edi Sudrajat Ahmad menginstruksikan agar dibentuk Satuan Tugas Covid-19 Asih Putera (SATGAS COVID-19 AP) yang bertanggung jawab untuk melakukan tindakan-tindakan preventif dan juga edukasi di seluruh lingkungan sekolah yang ada di bawah yayasan Asih Putera, mulai dari DC, TK, MI, MTs, MA dan juga Pesantren Asih Putera.

Satgas Covid-19 AP ini dipimpin oleh Drg. Wawan Kustiawan dan Dr. Dewi Nurleni yang keduanya merupakan dokter di Klinik Asih Putera. Anggota Satgas Covid-19 AP terdiri dari seluruh unsur yang diambil dari perwakilan tiap madrasah. Tindakan pertama yang dilakukan oleh Tim Satgas adalah memberikan edukasi kepada seluruh guru dan karyawan di lingkungan Asih Putera. Supaya mereka memiliki pengetahuan dan pemahanan tentang apa itu Covid-19, bagaimana mengindarinya dan sikap apa yang harus dilakukan ketika kita atau keluarga kita terinfeksi virus tersebut. Pengetahuan-pengetahuan praktis tentang menjaga kebersihan diri dan lingkungan langsung dipraktekkan.

Satgas Covid-19 AP memiliki tenaga lapangan yang luar biasa bekerja keras untuk melakukan yang terbaik. Dari mulai hunting hand sanitizer, mencari bahan untuk membuat sendiri disinfektan dan pendistribusian ke seluruh madrasah hingga melakukan penyemprotan terhadap semua lokal kelas dan ruangan di seluruh Madrasah Asih Putera. Penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh para Satgas Covid-19 AP ini berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Cimahi dan aparat desa setempat.

Selain itu, tugas dari Satgas Covid-19 AP ini adalah terus memantau kondisi kesehatan siswa dan guru melalui manajemen masing-masing madrasah, sehingga bisa termonitor dan bisa dilakukan penanganan sesegera mungkin jika menunjukkan gejala sakit yang ditengarai mengarah kepada infeksi Covid-19.

Satgas juga melakukan pengaturan ketat terhadap mobilitas guru dan staf ke sekolah di dalam masa Work From Home (WFH) dan School From Home (SWF), mengatur piket petugas kebersihan dan keamanan di masing-masing madrasah untuk tetap menjaga kebersihan dan keamanan di semua lingkungan Asih Putera.

Selamat bekerja Satgas Covid-19 AP, semoga tetap sehat dan selalu semangat!!(ERG)*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *