Yayasan Asih Putera
Image

GRESS

Oleh: Nursaadah, S.Ag. (Kepala MI Asih Putera)

Every child is special, setiap anak adalah istimewa. Setiap anak punya bakat dan talentanya masing-masing, untuk bisa tumbuh dan berkembang menjadi sesuatu atau menjadi seseorang. Sekolah, di mana anak-anak menimba ilmu setiap hari, sejatinya bukan hanya sebagai tempat penyelenggaraan pendidikan akademik semata, namun disitu juga ada upaya pembangunan karakter, seperti memupuk keberanian, kepemimpinan, rasa percaya diri  dan juga berani tampil di depan umum untuk mengekspresikan berbagai kemampuannya.

Sekolah juga menjadi tempat yang sangat penting untuk membangun kreativitas siswa dan memberi wadah kepada para siswa untuk dapat mengekspresikannya.


Di MI Asih Putera, setiap siswa diberi kesempatan untuk mengekspresikan berbagai potensi yang mereka miliki, terutama dalam bidang seni budaya, dengan melakukan kegiatan kreasi yang kreatif dalam sebuah pagelaran mini. Kegiatan ini juga sekalius  sebagai ajang keberanian dan mengasah kepercayaan diri siswa untuk menampilkan potensi diri masing-masing. GRESS adalah nama ajang yang digelar setiap bulan, untuk mewadahi ekspresi para siswa di atas panggung.

GRESS (Gelar Ekspresi dan Kreasi Siswa) ini menjadi salah satu penilaian berbasis projek, terutama pada pembelajaran yang terintegrasi antara bidang studi  Seni Budaya dan Prakarya, Bahasa Indonesia, Sosial dan PKn . Kegiatan GRESS diadakan setiap satu bulan sekali, dilakukan secara bergilir untuk setiap jenjang kelas. Kegiatan ini mewadahi potensi seni gerak, seni suara serta seni musik. Tentunya guru musik sangat berperan penting dalam pagelaran mini ini.

 

Pagelaran ini dilaksanakan secara sederhana, namun tidak mengenyampingkan kemeriahan dan kualitas penampilan yang menarik. Para guru sebagai pembimbing sangat berkontribusi besar atas penyelenggaraan kegiatan d ini. Setidaknya perlu dua minggu waktu latihan untuk penampilan setiap kelas, dan ada beberapa kali latihan bersama satu angkatan.

Hampir tidak ada biaya khusus untuk kegiatan ini, karena untuk kebutuhan properti dan dekorasi lebih banyak memanfaatkan potensi yang ada di sekelilingnya untuk mempersembahkan penampilan yang maksimal. Penampilan sederhana yang menyenangkan datang dari hati yang tulus dan bahagia.

 

Bulan Oktober 2022, GRESS menampilkan kreativitas dari kelas 4, yang terdiri lima kelas. Penampilan kelas 4 ini dikemas dalam tema Keragaman Budaya Indonesia. Jadi untuk setiap penampilan GRESS, selalu mengacu pada tema tertentu. Adapun bentuk penampilan mereka diantaranya adalah permainan anak-anak dari berbagai daerah, rampak gendang, angklung, dsb.


GRESS ini dilaksanakan sudah sejak tahun 2003, dan secara konsisten terus digelar di MI Asih Putera. Pada kegiatan GRESS tanggal 28 Oktober 2022 lalu, orang tua di rumah juga berkesempatan untuk bisa menyaksikan penampilan putera-puterinya melalui Live Streaming di IG Live.

Alhamdulillah, bahagia melihat keceriaan anak-anak ketika mengekspresikan seluruh potensi diri yang dimilikinya, tanpa beban tanpa tekanan.*